Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran

Memanfaatkan Microsoft Access Sebagai Media Pembelajaran Kearsipan

 

Fransiska Berliana S/7101418111

Dosen Pengampu : Agung Kuswantoro, S. Pd., M. Pd.,

 

Media Yang Akan Digunakan

Media pembelajaran digunakan untuk membantu menyampaikan suatu materi dalam proses belajar supaya tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Untuk menentukan media pembelajaran juga sebaiknya harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah media yang akan digunakan telah memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan atau tidak. Hal tersebut dimaksudkan supaya pembelajaran dapat tersampaikan dan dapat diterima dengan baik.

Terlebih saat ini kehidupan masyarakat berkaitan erat dengan yang namanya teknologi. Demikian juga, dalam pengelolaan kearsipan mengalami perkembangan yang pesat dalam menyimpan dokumen. Pemanfaatan teknologi untuk pemanfaatan kearsipan ini, namanya dikenal sebagai e-arsip.

E-arsip sendiri merupakan perpaduan dari manajemen kearsipan dengan teknologi informasi. Aplikasi e-arsip yang selama ini digunakan berupa software dan website. Namun sebagai pelajar kita dapat menggunakan aplikasi e-arsip yang sederhana, yaitu dengan menggunakan Microsoft Access.

Alasan Memilih Media Tersebut

Alasan saya untuk memilih media pembelajaran e-arsip karena menurut saya dengan menggunakan media pembelajaran ini sangat efektif dan efisien. Dimana ketika kita menyimpan dokumen-dokumen yang berupa surat masuk secara manual pasti akan memakan waktu yang cukup lama. Namun dengan menggunakan e-arsip kita dapat melakukan penghematan waktu, selain itu e-arsip ini memudahkan kinerja kita dalam melakukan pengelolaan. Disisi lain, kita juga dapat belajar hal baru dengan membuat e-arsip sendiri secara sederhana melalui access. Disana kita dapat mengasah dan juga mengembangkan keahlian kita terhadap pemahaman teknologi, kemudian kita juga dapat menuangkan kreatifitas kita sebebas mungkin supaya e-arsip yang kita buat menjadi semakin menarik sehingga dapat membuat pelajar menjadi tidak mudah bosan dan akan semakin termotivasi untuk selalu belajar.

Penilaian

1.   Penilaian Sikap Religius

      Meliputi :

      a.  Berdoa sebelum dan sesudah melakukan suatu kegiatan

      b.  Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

      c. Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan presentasi maupun pendapat

      Teknik Penilaian   : Observasi

      Bentuk Instrument   : Lembar Observasi menggunakan daftar cek atau rating scale

      Ketentuan skor di isi oleh guru dengan ketentuan :

          4 = selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati

          3 = sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati

          2 = kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati

          1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati

      Pedoman penskoran :

          Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

          Skor Akhir = (Skor yang diperoleh/Skor tertinggi) x 4

      Nilai :

          Sangat baik   = 3,34 - 4,00

          Baik                = 2,66 - 3,33

          Cukup            = 1,66 - 2,65

          Kurang          = < 1,66

2.   Penilaian Sikap Sosial

      Meliputi :

      a. Kejujuran

      b. Kepedulian

      c. Kerjasama

      d. Tanggungjawab

      e. Toleransi

      Teknik Penilaian   : Observasi

      Bentuk Instrument   : Lembar Observasi Tertutup

      Ketentuan skor di isi oleh guru dengan ketentuan :

          4 = selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati

          3 = sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati

          2 = kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati

          1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati

      Pedoman penskoran :

          Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

          Skor Akhir = (Skor yang diperoleh/Skor tertinggi) x 4

      Nilai :

          Sangat baik   = 3,34 - 4,00

          Baik                =  2,66 - 3,33

          Cukup            = 1,66 - 2,65

          Kurang          = < 1,66

3.   Penilaian Pengetahuan

      Kisi-Kisi

No

Materi

Kisi-Kisi

C1

C2

C3

C4

C5

1

Menjelaskan pengertian arsip dan kearsipan

 

 

 

 

2

Menuliskan yang perlu diteliti ketika pembukaan surat

 

 

 

 

3

Menuliskan tugas dari pencatat surat dalam mengelola surat penting masuk

 

 

 

 

4

Menjelaskan prosedur penanganan surat masuk menggunakan buku agenda

 

 

 

 

5

Menuliskan contoh kolom indeks

 

 

 

 

Keterangan :

C1 : Mengingat

C2 : Memahami

C3 : Menerapkan

C4 : Menganalisis

C5 : Mengevaluasi

Soal Tertulis

1. Jelaskan pengertian arsip dan kearsipan!

2. Sebutkan yang perlu diteliti pada saat pembukaan surat!

3. Sebutkan tugas dari pencatat surat dalam pengelolaan surat penting masuk!

4. Jelaskan prosedur penanganan surat masuk menggunakan buku agenda!

5. Tuliskan contoh pengisian kolom indeks pada lembar disposisi!

Kriteria Penskoran

Jawaban yang paling mendekati kunci jawaban

Soal Nomor

Bobot

1

10

2

15

3

20

4

30

5

25

Sangat Baik / A      =  apabila menunjukan skor 91 – 100

Baik / AB                 =  apabila menunjukan skor 76 – 90

Cukup / B                =  apabila menunjukan skor 61 - 75

Cukup Baik / BC    =  apabila menunjukan skor 56 - 60

Kurang / K              =  apabila menunjukan skor < 56

4.   Penilaian Keterampilan

      Tugas Praktik

      Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membentuk kelompok, dengan satu kelompok terdiri dari 2 peserta didik. Peserta didik mempraktekkan pengelolaan surat masuk dengan menggunakan e-arsip sederhana yang dibuat secara mandiri sesuai dengan kreatifitas kelompok dari microsoft access.

      Aspek Yang Dinilai

      a. Kreatifitas

      b. Kerapihan hasil pekerjaan

      c. Ketepatan pengelolaan surat masuk

      d. Ketepatan pengelolaan surat masuk pada e-arsip

      Pedoman penilaian

          Sangat Baik / A      =  apabila menunjukan skor 91 – 100

          Baik / AB                 =  apabila menunjukan skor 76 – 90

          Cukup / B                =  apabila menunjukan skor 61 - 75

          Cukup Baik / BC    =  apabila menunjukan skor 56 - 60

          Kurang / K              =  apabila menunjukan skor < 56

Comments

Post a Comment