Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran
Memanfaatkan Microsoft Access Sebagai Media Pembelajaran Kearsipan
Fransiska Berliana S/7101418111
Dosen Pengampu : Agung Kuswantoro, S. Pd., M. Pd.,
Media Yang Akan Digunakan
Media pembelajaran
digunakan untuk membantu menyampaikan suatu materi dalam proses belajar supaya
tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Untuk menentukan media
pembelajaran juga sebaiknya harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah media
yang akan digunakan telah memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan
atau tidak. Hal tersebut dimaksudkan supaya pembelajaran dapat tersampaikan dan
dapat diterima dengan baik.
Terlebih saat ini kehidupan
masyarakat berkaitan erat dengan yang namanya teknologi. Demikian juga, dalam
pengelolaan kearsipan mengalami perkembangan yang pesat dalam menyimpan
dokumen. Pemanfaatan teknologi untuk pemanfaatan kearsipan ini, namanya dikenal
sebagai e-arsip.
E-arsip sendiri merupakan
perpaduan dari manajemen kearsipan dengan teknologi informasi. Aplikasi e-arsip
yang selama ini digunakan berupa software dan website.
Namun sebagai pelajar kita dapat menggunakan aplikasi e-arsip yang sederhana,
yaitu dengan menggunakan Microsoft Access.
Alasan Memilih Media
Tersebut
Alasan saya untuk memilih
media pembelajaran e-arsip karena menurut saya dengan menggunakan media
pembelajaran ini sangat efektif dan efisien. Dimana ketika kita menyimpan dokumen-dokumen yang berupa surat masuk secara manual pasti akan memakan waktu
yang cukup lama. Namun dengan menggunakan e-arsip kita dapat melakukan penghematan
waktu, selain itu e-arsip ini memudahkan kinerja kita dalam melakukan
pengelolaan. Disisi lain, kita juga dapat belajar hal baru dengan membuat
e-arsip sendiri secara sederhana melalui access. Disana kita dapat mengasah dan
juga mengembangkan keahlian kita terhadap pemahaman teknologi, kemudian kita
juga dapat menuangkan kreatifitas kita sebebas mungkin supaya e-arsip yang kita
buat menjadi semakin menarik sehingga dapat membuat pelajar menjadi tidak mudah
bosan dan akan semakin termotivasi untuk selalu belajar.
Penilaian
1. Penilaian Sikap Religius
Meliputi :
a. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan suatu kegiatan
b. Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
c. Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan presentasi maupun pendapat
Teknik Penilaian : Observasi
Bentuk Instrument : Lembar Observasi menggunakan daftar cek atau rating scale
Ketentuan skor di isi oleh guru dengan ketentuan :
4 = selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 = sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2 = kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Pedoman penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Skor Akhir = (Skor yang diperoleh/Skor tertinggi) x 4
Nilai :
Sangat baik = 3,34 - 4,00
Baik = 2,66 - 3,33
Cukup = 1,66 - 2,65
Kurang = < 1,66
2. Penilaian Sikap Sosial
Meliputi :
a. Kejujuran
b. Kepedulian
c. Kerjasama
d. Tanggungjawab
e. Toleransi
Teknik Penilaian : Observasi
Bentuk Instrument : Lembar Observasi Tertutup
Ketentuan skor di isi oleh guru dengan ketentuan :
4 = selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 = sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2 = kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Pedoman penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Skor Akhir = (Skor yang diperoleh/Skor tertinggi) x 4
Nilai :
Sangat baik = 3,34 - 4,00
Baik = 2,66 - 3,33
Cukup = 1,66 - 2,65
Kurang = < 1,66
3. Penilaian Pengetahuan
Kisi-Kisi
|
No |
Materi |
Kisi-Kisi |
||||
|
C1 |
C2 |
C3 |
C4 |
C5 |
||
|
1 |
Menjelaskan
pengertian arsip dan kearsipan |
√ |
|
|
|
|
|
2 |
Menuliskan
yang perlu diteliti ketika pembukaan surat |
√ |
|
|
|
|
|
3 |
Menuliskan
tugas dari pencatat surat dalam mengelola surat penting masuk |
√ |
|
|
|
|
|
4 |
Menjelaskan
prosedur penanganan surat masuk menggunakan buku agenda |
|
√ |
|
|
|
|
5 |
Menuliskan
contoh kolom indeks |
|
√ |
|
|
|
Keterangan
:
C1 :
Mengingat
C2 :
Memahami
C3 :
Menerapkan
C4 :
Menganalisis
C5 : Mengevaluasi
Soal Tertulis
1. Jelaskan pengertian arsip dan kearsipan!
2. Sebutkan yang perlu diteliti pada saat pembukaan surat!
3. Sebutkan tugas dari pencatat surat dalam pengelolaan surat penting masuk!
4. Jelaskan prosedur penanganan surat masuk menggunakan buku agenda!
5. Tuliskan contoh pengisian kolom indeks pada lembar disposisi!
Kriteria
Penskoran
Jawaban
yang paling mendekati kunci jawaban
|
Soal Nomor |
Bobot |
|
1 |
10 |
|
2 |
15 |
|
3 |
20 |
|
4 |
30 |
|
5 |
25 |
Sangat
Baik / A = apabila
menunjukan skor 91 – 100
Baik / AB = apabila
menunjukan skor 76 – 90
Cukup / B = apabila menunjukan
skor 61 - 75
Cukup Baik / BC = apabila menunjukan skor 56
- 60
Kurang / K = apabila
menunjukan skor < 56
4. Penilaian Keterampilan
Tugas Praktik
Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membentuk kelompok, dengan satu kelompok terdiri dari 2 peserta didik. Peserta didik mempraktekkan pengelolaan surat masuk dengan menggunakan e-arsip sederhana yang dibuat secara mandiri sesuai dengan kreatifitas kelompok dari microsoft access.
Aspek Yang Dinilai
a. Kreatifitas
b. Kerapihan hasil pekerjaan
c. Ketepatan pengelolaan surat masuk
d. Ketepatan pengelolaan surat masuk pada e-arsip
Pedoman penilaian
Sangat Baik / A = apabila menunjukan skor 91 – 100
Baik / AB = apabila menunjukan skor 76 – 90
Cukup / B = apabila menunjukan skor 61 - 75
Cukup Baik / BC = apabila menunjukan skor 56 - 60
Kurang / K = apabila menunjukan skor < 56
Kratiff kalii
ReplyDelete